Akbar Fawaid

Palu/DetikSulteng.com

Ibadah umrah dipadukan dengan wisata halal atau umrah plus, dan haji khusus belakangan ini makin diminati. Makin banyak biro perjalanan yang menawarkan paket perjalanan ibadah sambil liburan tersebut.

Isbir Tour dan Travel yang berpusat di Surabaya, menjadi salah satu biro travel umrah dan haji yang terdaftar di Kementerian Agama ini, menjadi salah satu biro yang hadir di Sulawesi Tengah untuk menjawab kebutuhan masyarakat itu.

Direktur Perwakilan Isbir Tour dan Travel Sulawesi Tengah, Ruslan Sangadji mengatakan, sebetulnya, paket perjalanan  umrah plus wisata halal itu sudah populer empat tahun silam. Namun minat  umrah plus tersebut mulai meningkat dalam dua tahun terakhir.

Demand (permintaann)-nya cukup tinggi dalam dua tahun terakhir ini. Lantaran itulah, melalui jaringan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), saya membuka Isbir Tour dan Travel Haji dan Umrah di Sulawesi Tengah untuk menjawab demand itu,” kata Ruslan Sangadji yang akrab disapa Ochan ini.

Menurut dia, grafik perjalanan umrah plus tidak pernah turun, karena  makin meningkatnya kesadaran beragama dan kesadaran tentang sejarah dakwah Islam di tengah masyarakat dengan daya beli di atas rata-rata.

“Oleh karena itu, kami membuka paket umroh wisata islmi itu ke Turki, Mesir dan juga ke Masjid Aqsha Palestina. Tentunya dengan biaya yang lebih mahal. Yaaaah… sekitar 40-an juta,” ujar Ochan.

Namun demikian, untuk menjawab permintaan masyarakat, di akhir tahun 2017 ini, Isbir Tour dan Travel membuka paket promo umroh yang hanya Rp20 juta per jamaah. Biaya itu sudah termasuk tiket pesawat PP (Jakarta-Madinah-Jakarta), hotel, makan tiga kali sehari dengan menu Indonesia, bus AC selama di Madinah dan Makkah, Tour Leader atau Muthawwif yang berpengalaman, visa umrah yang tidak lebih dari 100 dolar,  kurs tidak lebih dari Rp13.500 dan perlengkapan umroh, manasik dan handling domestic. 

“Tapi biaya promo Rp20 juta per jamaah itu, tidak termasuk biaya pengurusan paspor, suntik meningitis, pengeluaran pribadi sepert belanja pribadi, biaya pengurusan surat mahram bagi perempuan di bawah 45 tahun, dan biaya visa Rp7 juta bagi yang belum umrah dalam setahun,” jelas Ochan yang juga alumni Lemhannas HIPMI ini.

Dengan demikian, Ochan mengajak warga muslim di Sulawesi Tengah, untuk mendaftar ke Isbir Tour dan Travel Haji dan Umrah, karena dijamin segala kepastiannya, baik kepastian jadwal, kepastian penerbangan, kepastian hotel dan lainnya.

“Insya Allah, jamaah akan puas jika menggunakan Isbir Tour dan Travel. Kami tidak akan mengecewakan jamaah,” kata Ochan sembari mengingatkan agar hati-hati terhadap travel yang menawarkan paket murah di bawah dari Rp20 juta. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here