QUICK COUNT - Pasca Pencoblosan pada Pilkada Kab. Morowali, JSI rilis hasil Penghitungan Cepat, Rabu (27/6) sekitar pukul 17.00 Wita di Swissbel Hotel Palu, dengan hasil penghitungan, Pasangan Tahajud mengungguli perolehan suara terbanyak.FOTO : M. FATTAH/DETIKSULTENG

PALU, DETIKSULTENG – Lembaga Survei Jaringan Suara Indonesia (JSI) merilis hasil Quick Count atau hitung cepat Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten Morowali, pasca pemungutan suara pada pelaksanaan Pemilihan kepala daerah (Pilkada), Rabu (27/6/2018), dengan persentase perolehan suara sebanyak 36,65 persen diraih Pasangan Taslim-Najamudin (Tahajud). Hasil Quick Count tersebut, dirilis JSI sekitar pukul 17.30 Wita di Swissbel Hotel, Palu di hari yang sama.

Direktur manajemen Riset JSI, Rudi Ruswandi yang menyampaikan perolehan presentase tersebut mengatakan bahwa dari 252 TPS di Kabupaten Morowali yang menjadi sampel pada perhitungan cepat JSI, ada 220 Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Jumlah data yang berhasil dihimpun menurut dia, telah mencapai 90 persen, sementara sisa data yang belum masuk nantinya, tidak akan berpengaruh pada hasil perhitungan cepat JSI tersebut.

Rusdi menjelaskan, adapun sumber yang Data perolehan suaranya mengalami keterlambatan input, merupakan wilayah-wilayah yang terbilang cukup ekstrim, baik dari keterbatasan signal maupun letak geografisnya yang membutuhkan waktu pengumpulan. Namun melihat presentase dan kestabilan data yang ada, sudah dianggap cukup untuk menentukan posisi pasangan yang unggul di Pilkada Morowali.

Sementara wilayah tersebut adalah daerah Menui Kepulauan yang berdasarkan survey JSI dalam beberapa waktu terakhir, merupakan daerah yang masyarakatnya cenderung memilih pasangan Harisma
papar Rusdi.

“Data yang digunakan pada hasil quick count ini, sejumlah 90 persen, sementara sisanya tidak mempengaruhi posisi keunggulan pasangan,” kata Rusdi.

Pada penghitungannya, JSI merilis bahwa pasangan Tahajud berada di posisi teratas dengan jumlah presentase sebanyak 36,65 persen, selanjutnya pasangan Sarifudin Hafid – Chaerudin Zen dengan persentase 28,14 persen. Pada posisi ke tiga pasangan Ambo Dalle – Aminuddin Awaludin, diikuti pasangan Haris Nunu – Ismail pada urutan ke empat dan di urutan terakhir pasangan Silahudin Karim – Sunardin Firdaus.

Lembaga Survei JSI adalah salah satu lembaga survei di Indonesia yang berpengalaman melaksanakan 616 survei di 73 wilayah yang tersebar di 21 provinsi di Indonesia sejak 2009. Pernah mendapatkan prestasi dan piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia (MURI) atas Quick Count paling persis dengan selisih absolut 0,01 persen dibanding dengan hasil pleno KPU untuk delapan pasang kandidat pada Pilkada Konawe utara, 7 Oktober 2010 yang lalu.

Selain itu JSI juga pernah memenangkan 38 Anggota Legislatif pada Pemilu 2009 dan 2014, serta 43 kepala daerah pada Pilkada Januari 2009 – Desember 2015.ATA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here