Connect with us

Nasional

Selamat hari jadi Kabupaten Poso

Palu Mantab Bergerak

Published

on

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse
Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Continue Reading
1 Comment

1 Comment

  1. Jawn Staff

    July 7, 2017 at 2:50 pm

    Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem eum fugiat quo voluptas nulla pariatur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Nasional

Bupati Poso Ikuti Arahan Presiden RI Terkait Inflasi

Published

on

By

Bupati Poso Verna Gladis Inkiriwang saat mengikuti arahan presiden RI di Jakarta

Poso, Detiksulteng – Bupati Poso, dr. Verna G.M Inkiriwang mengikuti pengarahan Presiden Republik Indonesia Djoko Widodo terkait penanganan inflasi, inframasi bangga terhadap buatan indonesia dan percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem kepada seluruh jajaran pimpinan daerah yang ada diseluruh Indonesia, pada Kamis, ( 29/9/22) di ruang Cenderawasih Jakarta Convetion Center, Jakarta.

Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Menteri Luhut B. Panjaitan yang memaparkan kondisi dan situasi yang dihadapi bangsa Indonesia ditengah badai ketidakpastian global.

Sementara Presiden Jokowi dalam pengarahan singkatnya menekankan kepada seluruh Gubernur, Walikota dan Bupati di seluruh Indonesia untuk memperhatikan laju inflasi di daerah masing-masing.
“Yang penting diperhatikan setiap pimpinan di daerah adalah masalah kenaikan bahan pangan” ungkap.presiden.

Menurut Presiden, imbas terbesar adalah inflasi kenaikan barang dan jasa. Oleh sebab itu kita harus kompak, harus bersatu dari Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, bahkan semua Kementerian/Lembaga untuk mengatasi segala sesuatu yang kemungkinan akan memicu laju inflasi. Juga Presiden terus mendorong setiap Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah seluruh Indonesia gunakan APBN/APBD untuk beli produk dalam negeri bahkan Presiden mendorong Kepala Daerah agar mengajak masyarakat untuk wisata dalam negeri dalam rangka meningkatkan pendapatan daerah.

Jokowi pun meminta pimpinan atau kepala daerah untuk menyiasiati kenaikan harga suatu komoditi. “Tak perlu lagi ragu-ragu untuk menggunakan dana tak terduga daerah karena sudah dibuat aturan oleh menteri keuangan terkait itu” tekannya, dihadapan para pimpinan dan kepala daerah seluruh indonesia.

Pada kesempatan terpisah, dikatakan Bupati Poso dr. Verna G.M Inkiriwang bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, akan selalu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Sulteng bahkan dengan seluruh Pemkab/Pemkot yg ada di Sulawesi Tengah sebagai upaya nyata Pemerintah Daerah Kabupaten Poso melaksanakan arahan-arahan Bapak Presiden dalam rangka menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi, penggunaan APBD untuk beli produk dalam negeri, pengembangan wisata dalam negeri serta upaya percepatan penanggulangan masalah kemiskinan. (Fer/Komonsandi Poso).

Continue Reading

Nasional

171 Mahasiswa Baru STMIK Adhi Guna ikuti PKKMB 2022

Published

on

By

171 Mahasiswa Baru STMIK Adhi Guna ikuti PKKMB 2022

Palu, Detiksulteng – Sebanyak 171 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Menejemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) selama dua hari tanggal 28-29 September 2022 yang dilaksanakan di Aula Kampus STMIK Adhi Guna

“Kami ucapkan selamat datang para seluruh mahasisa baru STMIK Adhi Guna di kampus tercinta yang kita dikenal dengan jargon “The Future Solution” ,” kata Ketua Panitia PKKMB Anwar Panyili, Rabu.

Lanjut Anwar Panyili, tujuan dari PKKMB 2022 yaitu memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. Adapun tema PKKMB 2022, “Melalui PKKMB kita Ciptakan Insan Intelektual yang Berkarakter, Kreatif, Berbudaya dan Berjiwa Pancasila”.

Sementara Ketua STMIK Adhi Guna, Mus Aidah mengatakan kegiatan PKKMB merupakan rangkaian aktivitas penyambutan mahasiswa baru guna memperkenalkan sistem akademik beserta non akademik yang ada di kampus STMIK Adhi Guna.

Kegiatan ini sekaligus menjadi masa peralihan dari siswa menjadi mahasiswa, sekaligus akan menjadi insan akademik perguruan tinggi.

“Saya berharap mahasiswa baru dapat menjalani fase kehidupan baru dengan baik, segera dapat bersosialisasi di kampus, menjalin pertemanan, membangun kerja sama serta menyalurkan minat dan bakat baik melalui UKM atau HMP. Jalani masa-masa kemahasisaan dengan penuh prestasi hingga lulus nantinya,” ujar Mus Aidah.

Disamping itu kata Mus Aidah, lulusan STMIK Adhi Guna telah terserap di perusahaan IT multi nasional, bahkan ada yang sampai ke luar negeri.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini. Semoga semua yang telah kita kerjakan menjadi amal ibadah kita semuanya,” ujarnya. (Fer)

Continue Reading

Nasional

Kementerian ATR BPN Kunker ke PT Poso Energy

Published

on

By

Kunker Kementrian ATR BPN di PT Poso Energy

Poso, Detiksulteng – Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) melakukan kunjungan kerja (kunker) di PT Poso Energy, Kamis 15/10-2022.

Dalam kunjungan pihak Kementerian yang berjumlah tiga orang itu, di terima di guest house PT Poso Energy, untuk melakukan diskusi bersama pihak PT Poso Energy terkait perkembangan ikan sidat, normalisasi sungai dan sejumlah lain perkembangan PT Poso Energy.

Manager Poso II PT Poso Energy,Basri Djalil, dalam sambutannya mengatakan energi listrik PT Poso Energy sekarang ini menggunakan kapasitas 515 mw. Menurutnya kunker Kementrian itu, sangat tepat dan bisa berkisanambungan dengan pihak PT Poso Energy.

“Kami sangat antusias dengan program ini, kita bersinergi bersama-sama. Kami sangat mendukung program ini. Semoga dalam kunjungan singkat ini apa yang di inginkan bisa terkabul,” ujar Basri, Kamis.

“Semoga apa yang kita bahas ini bisa berlanjut dengan baik,” tutup Basri.

Tiga kementerian ATR BPN

Sementara itu dari PT Poso Energy Andi Achmadi, menjelaskan pelestarian ikan Sidat, selama ini telah di lakukan, menurutnya populasi ikan sidat berpengaruh pada penangkapan yang tidak ramah lingkungan.

PT Poso Energy juga telah banyak bekerja sama dengan beberapa teknisi dari berbagai sumber dan juga beberapa universitas melakukan penelitian di sungai Poso yang bekerja sama dengan PT Poso Energy.

“Jadi kami selalu koperatif melestarikan ikan sidat sesuai dengan visi misi kita, artinya sudah banyak penelitian dari berbagai universitas dan lainnya,” akunya.

Sementara itu dari kementerian ATR BPN menanyakan secara umum PT Poso Energy untuk menjaga keanekaragaman hayati ikan sidat itu bagaimana?

Kata Andi Achmadi, pihak PT Poso ada kesepakatan dalam forum konsultasi publik

Kata Afandi dari PT Poso Energy, menjelaskan pihaknya juga melestarikan danau dan sungai Poso, dengan kegiatan konservasi seperti pembagian bibit pohon untuk di tanam di tepi danau dan sungai Poso. Dia juga menyinggung kejadian banjir dan air kering yang terjadi pada tahun 2015, sebelum ada bendungan.

“Jadi seperti isu yang berkembang di luar, sesungguhnya bukan semata-mata dampak dari PT Poso Energy, namun itu sudah terjadi secara natural,” kata Afandi.

Sesungguhnya yang terjadi di Desa Meko, bukan karena dampak PT Poso Energy, namun air yang masuk dari sungai lain, namun kami PT Poso Energy tetap melakukan kerjasama dengan tanggung jawab, untuk kompensasi sesuai dampak yang mereka terima.

Suasana diskusi bersama kementerian ATR BPN di Guest House PT Poso Energy

Sementara itu pihak ATR BPN menanyakan penertiban pagar sugili itu kan menghilangkan mata pencaharian, apa tindakan PT Poso Energy?

Humas PT Poso Energy, Sapri mengatakan pihak PT Poso melakukan ganti rugi atau kompensasi terhadap mereka yang memiliki pagar sogili atau ikan sidat, pemberian kompensasi sesuai data yang ada.

“Kompensasi yang kita berikan yakni, jangka pendek dan jangka panjang pembinaan usaha,” kata Sapri.

Basri juga menjelaskan pertanyaan tentang bendungan air, bahwa bendungan itu untuk menyimpan air dan menjaga normal air pada musim kemarau dan mempertahankan kapasitas air.

Usai diskusi di ruang guest house, kementerian ATR BPN bersama pihak PT Poso meninjau jalur fishway ikan sidat.

Kementerian ATR BPN yang hadir sebanyak tiga orang itu, yakni Wiwin Wihnayati ST, M.Sc sebagai penata ruang muda Subdit Pengendalian pemanfaatan ruang wilayah. Sharofina Asahra S.P.W.K. sebagai tenaga ahli PWK dan Evan Devara SH, sebagai tenaga ahli Hukum. (Fer).

Continue Reading

Trending

PT Sintuwu Raya Membangun | Pimpinan Umum Feri Timparosa | Penanggung jawab Redaksi : Rusli Suwandi | Pimpinan Redaksi : Feri Timparosa | Redaksi : Ishaq, Sofyan, Mansur Tobone, Feri | Biro Tentena : Sofyan | Biro Napu. : Dedi Nyolo-nyolo | Penasehat Hukum : Yan Patris Binella SH | Email : Timparosayuce@gmail.com Copyright © 2021 Detik Sulteng. All Right Reseved | Powered by IT Palugate Head Office | Alamat Jl. Trans Sulawesi, Kel. Kuku, Kec.Pamona Utara, Kab.Poso Sulawesi Tengah Indonesia