Connect with us

Sulteng

Panglima TNI Silaturahmi ke Polda Sulteng, Perkuat Sinergitas TNI Polri

Published

on

Palu, Detiksulteng – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng), Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi menerima kunjungan silaturahmi dari Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, S.E., M.A., M.Sc., M.Phil., Ph.D, Kamis (12/05/2022) sore, diruang kerja Kapolda Sulteng.

Kunjungan orang nomor satu di tubuh TNI di Polda Sulteng itu merupakan rangkaian kunkerjanya bersama Ketua Dharma Pertiwi Ny. Hetty Andika Perkasa di Provinsi Sulawesi Tengah.

Sebelum ke Polda Sulteng, Panglima TNI dan rombongan terlebih dahulu bersilaturahmi dengan Gubernur Sulteng H. Rusdy Mastura bersama unsur Forkopimda Sulteng yang lain.

Tiba di Mapolda Sulteng, Panglima TNI bersama rombongan disambut Kapolda beserta seluruh pejabat utama dan langsung menuju ke ruang kerja Kapolda Sulteng.

“Selamat datang di Polda Sulteng” ucap Irjen Pol. Rudy Sufahriadi kepada Panglima TNI.

Sementara itu, Panglima TNI menyampaikan ucapan terima kasih banyak atas sambutannya, dimana dalam kunjungannya adalah dalam rangka kunjungan silaturahmi.

Perbincanganpun berlangsung hangat antara Kapolda Sulteng dan Panglima TNI, banyak agenda yang dibicarakan utamanya tentang situasi Kamtibmas di Sulteng termasuk secara khusus kondisi kamtibmas di wilayah Kabupaten Poso.

Panglima TNI juga berharap kunjungan silaturahmi di Polda Sulteng guna meningkatkan kerjasama sinergitas antara TNI Polri dalam penugasan dilapangan.

Diakhir pertemuan, sebelum meninggalkan Polda Sulteng, Panglima TNI bersama Kapolda Sulteng melakukan sesi foto bersama. (Humas Polres Poso)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Sulteng

PT Poso Energy Salurkan Bantuan Bibit Alpukat di Desa Buyumpondoli

Published

on

By

Penyerahan bibit pohon Alpukat secara simbolis di balai desa Buyumpondoli

Poso, Detiksulteng – Pihak PT Poso Energy terus memberikan bantuan di beberapa desa Kabupaten Poso, saat ini bantuan bibit pohon Alpukat varietas Mentega sebanyak 2.250 bibit pohon untuk 450 KK atau rumah di Desa Buyumpondoli Kecamatan Pamona Puselemba, Jumat, 30/9.

PT Poso Energy dalam pemberian bibit tersebut juga memberikan penyuluhan tata cara menanam dan memelihara tanaman khususnya bantuan bibit alpukat. Bibit pohon Alpukat itu di berikan kepada ketua kelompok tani dan RT secara simbolis, di halaman Balai Desa Buyumpondoli.

Kades Buyumpondoli, Karnius Montolu dalam sambutannya mengatakan, bantuan Alpukat ini, bukan saja datang begitu, namun dengan perjuangan membuat proposal permintaan bantuan ke PT Poso Energy.

“Puji Tuhan tidak berlangsung lama, hari ini boleh terealisasi, saya berterima kasih banyak kepada PT Poso Energy, yang sudah peduli dengan kami,” tutur Karnius dalam sambutannya di Balai Desa Buyumpondoli, Jumat, 30/9.

Dirinya menghimbau masyarakat penerima bantuan tersebut untuk benar – benar menggunakan sebaik-baiknya bantuan advokat untuk di tanam dan di pelihara agar bisa tumbuh baik dan berbuah, sehingga kedepannya, Buyumpondoli bisa menjadi penghasil buah Alpukat di Kabupaten Poso.

Sementara itu, Kepala Perkebunan PT Poso Energy,Sumitro dalam penyuluhannya menjelaskan, secara geografis Desa Buyumpondoli layak mendapatkan bantuan alpukat, sehingga proposal ini tidak mendapatkan hambatan, faktor iklim, memang daerah ini, layak dalam pengembangan alpukat.

Sumitro saat memberikan penyuluhan tata cara menanam dan memelihara tanaman alpukat di Balai Desa Buyumpondoli

Dia lanjut, berbicara soal tanaman, kita kembalikan dulu sejauh mana kita menanam, bukan asal tanam saja karena ada bantuan, tetapi karena keinginan dan kemauan dalam mengembangkan tanaman alpukat.

Menurutnya bantuan itu harus di gunakan sebaik-baiknya. sebab menurutnya sesuai pengalaman ada bantuan di beberapa Desa, bukan di tanam, justru di jual, atau di biarkan mati dan ada juga hanya di berikan kepada orang lain secara cuma-cuma.

Bantuan ini akan berkelanjutan, tiga bulan kedepan kita akan evaluasi. Semoga alpukat bantuan ini bisa terkenal dengan kampung alpukat. Disini bisa menjadi terobosan baru penghasilan alpukat di Kabupaten Poso.

“Menanam ini betul harus kita perhatikan dan kita yakinkan, sebab kalau tidak, bisa dalam satu tahun sudah mati,” ucapnya.

Alpukat butuh matahari, minimal lubang tanam itu dengan jarak 40×40 cm, atau semakin luas semakin bagus, dan di berikan pupuk. (Fer).

Continue Reading

Nasional

171 Mahasiswa Baru STMIK Adhi Guna ikuti PKKMB 2022

Published

on

By

171 Mahasiswa Baru STMIK Adhi Guna ikuti PKKMB 2022

Palu, Detiksulteng – Sebanyak 171 mahasiswa baru Sekolah Tinggi Menejemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhi Guna mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) selama dua hari tanggal 28-29 September 2022 yang dilaksanakan di Aula Kampus STMIK Adhi Guna

“Kami ucapkan selamat datang para seluruh mahasisa baru STMIK Adhi Guna di kampus tercinta yang kita dikenal dengan jargon “The Future Solution” ,” kata Ketua Panitia PKKMB Anwar Panyili, Rabu.

Lanjut Anwar Panyili, tujuan dari PKKMB 2022 yaitu memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. Adapun tema PKKMB 2022, “Melalui PKKMB kita Ciptakan Insan Intelektual yang Berkarakter, Kreatif, Berbudaya dan Berjiwa Pancasila”.

Sementara Ketua STMIK Adhi Guna, Mus Aidah mengatakan kegiatan PKKMB merupakan rangkaian aktivitas penyambutan mahasiswa baru guna memperkenalkan sistem akademik beserta non akademik yang ada di kampus STMIK Adhi Guna.

Kegiatan ini sekaligus menjadi masa peralihan dari siswa menjadi mahasiswa, sekaligus akan menjadi insan akademik perguruan tinggi.

“Saya berharap mahasiswa baru dapat menjalani fase kehidupan baru dengan baik, segera dapat bersosialisasi di kampus, menjalin pertemanan, membangun kerja sama serta menyalurkan minat dan bakat baik melalui UKM atau HMP. Jalani masa-masa kemahasisaan dengan penuh prestasi hingga lulus nantinya,” ujar Mus Aidah.

Disamping itu kata Mus Aidah, lulusan STMIK Adhi Guna telah terserap di perusahaan IT multi nasional, bahkan ada yang sampai ke luar negeri.

Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini. Semoga semua yang telah kita kerjakan menjadi amal ibadah kita semuanya,” ujarnya. (Fer)

Continue Reading

Sulteng

Bupati Poso Hadiri Rakor APKASI Perjuangkan Tenaga Non-ASN /Tenaga Honorer.

Published

on

By

Bupati Poso Verna Gladis Inkiriwang saat rapat koordinasi Apkasi

Poso, Detiksulteng- Bupati Poso dr Verna G.M Inkiriwang menghadiri rapat koordinasi Apkasi yang di selenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dan Kementerian PAN-RBdi Jakarta Hotel Grand Sahid Jaya, Rabu, 21/10-2022.

Rapat itu untuk membahas solusi permasalahan tenaga non-ASN atau tenaga honorer yang rencananya akan dihapuskan pada tahun 2023 mendatang. Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan kebijakan ini tentunya meresahkan tenaga honorer.

“Kebijakan ini telah menimbulkan keresahan, maka tenaga non-ASN yang banyak ditempatkan di garda terdepan dalam pelayanan masyarakat, seperti guru, tenaga kesehatan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, dan lain-lain merasa khawatir akan kehilangan pekerjaannya,”

Sutan mengatakan penghapusan tenaga non-ASN menimbulkan dilema tersendiri. Pasalnya, seleksi terbuka Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPK) terasa berat bagi tenaga honorer lama yang harus bersaing dengan sarjana yang baru lulus. Sementara itu, pengangkatan seluruh tenaga honorer menjadi PPPK oleh pemerintah daerah (Pemda) akan membebani APBD.

Sambutan Menteri PAN-RB, Abdullah Aswar Anas mengatakan sebagaimana dikatakan Presiden RI Joko Widodo, untuk menuju Indonesia 4 besar ekonomi 2050 harus melakukan reformasi birokrasi yaitu : Birokrasi yang berdampak, Reformasi birokrasi bukan tumpukan kertas dan Birokrasi harus lincah dan Cepat. Dan sebagai komitmen pemerintah oleh Kementerian PAN-RB dalam penangan non ASN telah menerbitkan beberapa regulasi yang terakhir melalui SE Menpan nomor 185 dan 1511 tahun 2022 tentang pendataan Non-ASN.

Di sela pelaksanaan rakor tersebut, Bupati Poso, dr verna G.M Inkiriwang, mengatakan agar para tenaga Non ASN/Honor yang ada saat ini dapat di perhatikan dan di tingkatkan statusnya oleh Pemerintah Pusat sesuai dengan ketentuan atau regulasi yang berlaku dan paling penting mendapatkan dukungan anggaran dari Pemerintah Pusat melalui APBN sehingga tidak akan membebani keuangan daerah serta kebijakan atau solusi yang akan di ambil nantinya harapannya akan sejalan dengan program Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mengatasi masalah pengangguran. (Komonsandi/fer)

Continue Reading

Trending

PT Sintuwu Raya Membangun | Pimpinan Umum Feri Timparosa | Penanggung jawab Redaksi : Rusli Suwandi | Pimpinan Redaksi : Feri Timparosa | Redaksi : Ishaq, Sofyan, Mansur Tobone, Feri | Biro Tentena : Sofyan | Biro Napu. : Dedi Nyolo-nyolo | Penasehat Hukum : Yan Patris Binella SH | Email : Timparosayuce@gmail.com Copyright © 2021 Detik Sulteng. All Right Reseved | Powered by IT Palugate Head Office | Alamat Jl. Trans Sulawesi, Kel. Kuku, Kec.Pamona Utara, Kab.Poso Sulawesi Tengah Indonesia