Connect with us

Polhukam

Panglima TNI: Situasi Poso Sudah Semakin Baik

Published

on

Panglima TNI Andika Perkasa di Dampingi Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi saat Kunker di Kabupaten Poso Propinsi Sulawesi Tengah

“Kita sangat terhormat untuk membantu Polri dalam pelaksanaan Operasi Madago Raya”

 

Poso, Detiksulteng – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa dalam rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Tengah, mengunjungi Pos Komando Taktis (Poskotis) Operasi Madago Raya di Tokorondo Poso, Sulawesi Tengah, Jumat (13/5/2022).

Setelah menyempatkan melihat situasi Poskotis dan melakukan rapat terbatas internal TNI /Polri dan pejabat Operasi Madago Raya, Panglima TNI berkesempatan menemui awak media yang sudah menunggu di Poskotis Tokorondo Poso.

“Situasi secara umum sudah semakin baik.” Ujar Andi Perkasa, didepan media di Poso, Jumat.

Masih kata Andika, keputusan dari Polri khususnya Kapolda untuk mengurangi kekuatan itu merupakan tanda yang bagus. Contohnya kekuatan TNI yang diperbantukan pada satgas Madago Raya ini tadinya 267 kemudian mulai tahap II ini awal April sudah tinggal 100,” tegasnya.

Panglima TNI Andika Perkasa bersama Kapolda Sulteng Irjen Pol Rudy Sufahriadi

Ini artinya kabar bagus, situasi semakin bagus dan kita berharap kedepan semakin bagus lagi. Sehingga suatu saat mungkin Kapolda juga bisa memutuskan untuk benar-benar bisa membubarkan operasi ini, karena apa ? karena situasi sudah normal seperti daerah lain, terang pimpinan tertinggi tiga matra TNI ini.

Dia katakan, operasi ini adalah operasi penegakkan hukum, sangat terhormat untuk membantu Polri dalam pelaksanaan operasi penegakkan hukum ini.

“Kalau kita terus kompak, semua Institusi pemerintah dan masyarakat yang lebih penting lagi untuk sama-sama menjaga, saya tidak bisa membayangkan kalau daerah ini tidak maju disuatu saat. Daerah ini potensinya besar sekali,” tuturnya. (Humas Polres Poso)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Polhukam

Wujudkan Kamseltibcarlantas, Polres Poso Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Tinombala 2022

Published

on

By

Poso, Detiksulteng – Polres Poso melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operadi Zebra Tinombala 2022 dalam rangka mewujudkan ketertiban berkendara dan tercipta Kamseltibcarlantas.

Apel gelar Pasukan dipimpin oleh Wakapolres Poso Kompol Basrum Sychbutuh,SH, diikuti oleh unsur terkait meliputi TNI, Dishub, dan beberapa instansi terkait lainnya, Senin.(03/10/22).

Dalam arahannya Wakapolres membacakan amanat dari Kapolda Sulteng, Apel gelar pasukan yang dilaksanakan saat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya guna mendukung pelaksanaan operasi yang akan digelar mulai tanggal 3 sampai dengan 16 Oktober 2022 di seluruh jajaran Polda Sulawesi Tengah.

“Operasi Zebra Tinombala 2022 Polres Poso, dengan tema tertib berlalu lintas guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Presisi, sehingga melalui Ops Zebra Tinombala 2022 kita Ciptakan Kamseltibcarlantas menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023 pada masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lanjutnya, Operasi Zebra Tinombala 2022 ini juga masih fokus pada penangan pandemi Covid-19. Jadi, selain ajakan kepada masyarakat agar disiplin dalam berkendara, masyarakat juga diajak untuk selalu waspada terhadap penyebaran virus corona.

“Jadi, kita bersama Stakeholder terkait, bersama – sama menyampaikan pesan kepada masyarakat khsusunya pengguna jalan, agar bisa mendukung kegiatan operasi zebra, dengan tetap disiplin taati rambu – rambu lalu lintas saat berkendara, dan tetap waspada Covid-19,” ungkapnya.

Wakapolres juga mengatakan tujuan dari pelaksanaan Operasi Zebra Tinombala 2022 adalah menurunnya angka pelanggaran kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Sasaran operasi yaitu segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas baik sebelum pada saat maupun pasca operasi zebra 2022”.ungkap Kompol Basrum.

Dalam kesempatan yang sama, Kasatlantas AKP Suprojo, SH, menambahkan mulai hari ini, pihaknya memberitahukan kepada masyarakat luas khususnya pengguna jalan  bahwa Polres Poso akan melaksanakan Operasi Kepolisian terpusat, dengan sandi Ops Zebra Tinombala 2022 mulai 3-16 Oktober 2022.

“Ops Zebra Tinombala 2022 di Poso akan dilaksanakan secara mobile atau berbeda–beda tempat dan berlangsung selama 14 hari, dimulai hari ini,” tuturnya.

Pihaknya berharap, semoga dengan kegiatan ini masyarakat akan lebih disiplin dalam berlalulintas sehingga akan tercipta Kamseltibcarlantas yang kondusif. (Fer/Humas)

Continue Reading

Polhukam

Upacara Peringati Kesaktian Pancasila Di Gelar di Lapangan Sintuwu Maroso

Published

on

By

Dandim 1307 Poso selaku Inspektur Upacara Dandim 1307/Poso, Letkol Inf. Hasroel Tamin

Poso, Detiksulteng – Dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila, di laksanakan upacara bendera yang di laksanakan, di Lapangan Maroso Kecamatan Poso, Bertindak selaku Inspektur Upacara Dandim 1307/Poso, Letkol Inf. Hasroel Tamin.

Komandan Upacara Dankima Yonif 714/SM Kapten Inf. Nugroho dan Perwira Upacara Pasi Ter Kodim 1307/Poso Kapten Czi Muh. Basir, Wakil Bupati Poso M. Yasin Mangun, S.Sos, Dandim 1307/Poso Letkol Inf. Hasroel Tamin, SH.

Wakapolres Poso, Kompol Basrum Syacbutuh SH, Kasdim 1307/Poso Mayor Inf. Ahmad Jayadi, Kepala Kajari Poso Lapatawe B. Hamka, SH.,MH, Ketua DPRD Poso, Sesi Kristina Darmawati Mapeda, SH.,MH, Ketua Pengadilan Negeri Poso, Bambang Condro Waskito, SH.,MM.,MH.

Danyon Satbrimobda Detasemen B Pelopor Poso diwakili, oleh Iptu Badar, Kepala BNN Poso AKBP. Kahar Muzakkir, SH.,MH, Dantim BAIS TNI Posda Poso Mayor Hendra Wildiantara, Danden Zipur 15/SLM Kapten CZI Atep Sandi, Ketua MUI Kab. Poso KH. Arifin Tuamaka, S.Ag.,MM.

Pj. Sekertaris Daerah Kab. Poso, Frits Sam Purnama, SH.,M.AP, Bersama para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kabag, ASN, Camat, Lurah dilingkungan Pemda Poso, Jajaran DPRD Poso, Pimpinan dan Perwakilan Instansi Vertikal, BUMN, BUMD, TNI, Polri, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan, Mahasiswa, Pelajar serta tamu undangan lainnya sekitar 300 orang.

Sementara itu, peserta upacara di hadiri, 1 SST Anggota Kodim 1307/Poso, 1 SST Anggota Yonif 714/SM, 1 SST Anggota Brimobda Poso,1 SST Anggota Polres Poso, 1 SST Anggota Sat Pol PP Kab. Poso, 1 SSK Gabungan ASN Pemda Kab. Poso,1 SST Anggota Paskibraka Kabupaten Poso, 1 SSK Gabungan Pelajar SMA, SMP dan SD kabupaten Poso. (Fer/Kodim 1307 Poso)

Continue Reading

Polhukam

Kodim 1307 Poso Gelar Pembinaan Kemampuan Apkowil

Published

on

By

Kegiatan pembinaan kemampuan Apkowil

Poso, Detiksulteng – Kodim 1307 Poso menggelar kegiatan Pembinaan Kemampuan Apkowil Tersebar Kodim 1307/Poso, di lapangan indoor Makodim 1307 Poso, Rabu 28/10.

Kegiatan tersebut dengan tema ” Melalui Kegiatan Pembinaan Kemampuan Apkowil Tersebar Kodim 1307/Poso TA. 2022 kita tingkatkan Profesionalisme Apkowil dalam mengimplementasikan Kemampuan Kegiatan Pembinaan Teritorial untuk membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan Peningkatan Ekonomi Kerakyatan di Wilayah, yang dipimpin oleh Mayor Inf Dadan Sopian (Jabatan Pabanda Puanter Sterdam XIII/Merdeka)..

Dandim 1307/Poso, Letnal Kolonel Infantri Hasroel dalam sambutannya melalui Kasdim 1307/Poso Kapten Ahmad Jayadi mengatakan, kegiatan ini untuk membekali Apkowil membantu pemerintah Daerah dalam peningkatan Ekonomi kerakyatan.

“Sasaran dari kegiatan saat ini adalah tercapainya pemahaman dan kemampuan Apkowil dlm mengaplikasikan peningkatan kemampuan dalam menyikapi potensi ancaman di wilayah dan menjaga stabilitasi keamanan di wilayah demi tercapainya sasaran pembinaan Teritorial kita,” tutur Ahmad Jayadi, Rabu 28/10.

Sementara itu, sambutan Tim Wasev Kodam XIII/Mdk Mayor Inf Dadan Sopian menjelaskan, Kunjungan Katim Wasev adalah intinya tentang Ketahanan Pangan dan sudah dilaksanakan Peninjauan Ketahanan Pangan tersebut.

“Saat ini kita melaksanakan kegiatan Peningkatan kemampuan Apkowil,” ujar Dadan.

Dadan katakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan Babinsa secara baik tetapi kenapa terus dilakukan penyampaian materi, tujuannya agar terjadi peningkatan dalam pembinàan teritorial kita dan tepat sasaran, semakin mampu beradaptasi dengan lingkungan dimana kita bertugas.

Untuk lokasi ketahanan pangan Kabupaten Poso terdapat 2 hektar dan berada pada 1 tempat (1 wilayah Koramil). Diharapkan kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi sehingga menyesuaikan dengan wilayah Kodim lain yang lahan ketahanan pangannya lebih luas dan terdapat dibeberapa tempat.

“Apabila kita ada kegiatan Vidcon agar diikuti supaya bisa menyesuaikan,” tuturnya.

Pembinaan Babinsa yang baru masuk satuan Kodim agar dilakukan pembinaan dulu di Koramil Model sebelum turun ke wilayah Koramil-koramil agar bisa mampu menyesuaikan di lingkungan masyarakat binaan.

Hadir dalam Kegiatan tersebut, yakni Mayor Inf Dadan Sopian (Jabatan Pabanda Puanter Sterdam XIII/Merdeka), Kasdim 1307/Poso Mayor Inf Ahmad Jayadi, Pasi Ter Kodim 1307/Poso Kapten Czi Muh. Basir Mandra,Para Perwira Staf Kodim 1307/Poso dan anggota Kodim 1307/Poso berjumlah 50 orang. (Fer)

Continue Reading

Trending

PT Sintuwu Raya Membangun | Pimpinan Umum Feri Timparosa | Penanggung jawab Redaksi : Rusli Suwandi | Pimpinan Redaksi : Feri Timparosa | Redaksi : Ishaq, Sofyan, Mansur Tobone, Feri | Biro Tentena : Sofyan | Biro Napu. : Dedi Nyolo-nyolo | Penasehat Hukum : Yan Patris Binella SH | Email : Timparosayuce@gmail.com Copyright © 2021 Detik Sulteng. All Right Reseved | Powered by IT Palugate Head Office | Alamat Jl. Trans Sulawesi, Kel. Kuku, Kec.Pamona Utara, Kab.Poso Sulawesi Tengah Indonesia