Longki Djanggola saat menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba renang se-kota palu yang digear SSC di Pantai Tipo pada perayaan Ulang Tahun ke 65 Gubernur Longki dan ulang tahun kedua SSC, Minggu (12/11) | Foto : Detiksulteng

Mursyid/DetikSulteng.com

PALU – Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola, kalah dalam lomba renang yang dilaksanakan oleh Siranindi Swimming Club (SSC) di Pantai Tipo, Kecamatan Ulujadi, Palu. Lomba renang itu dilaksanakan untuk merayakan ulang tahun ke 65 Gubernur Longki dan ulang tahun kedua SSC.

Lomba renang Mosigiri SSC itu dimenangkan oleh Ketua Panitia Lomba, Ruslan Sangadji, juara kedua ditempati oleh Sahban dan posisi ketiga ditempati Ketua SSC, Datu Pamusu Tombolotutu. Ketiganya membawa pulang hadiah handphone dan setrika dari sponsor.

Selain lomba renang mosigiri, SSC juga menggelar lomba renang antarsiswa SMA se Kota Palu. Di kategori ini, Adiyatma Yoga, siswa SMA Negeri 1 Palu, menang pada kategori 200 meter putra. Dia berhasil membawa pulang hadiah sebesar Rp3 juta dari Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dan pihak sponsor.

Sedangkan juara kedua diraih oleh Wirayudha dari SMA Negeri 2 Palu, dengan meraih hadiah sebesar Rp2.250.000, dan juara ketiga diraih oleh Muhammad Idrus dari SMA Pancasila dan Sadiq Yasin dari SMK Pelayaran, keduanya membawa pulang hadiah masing-masing Rp1.250.000.

Untuk kategori putri, juara diraih oleh Dwina dari SMA Alazhar Mandiri Palu, dan berhak mendapat hadiah dari Gubernur dan bonus sponsor sebesar Rp3 juta. Posisi kedua ditempati oleh Wanda Aulia dari SMA Negeri 1 Palu dan meraih hadiah sebesar Rp2.250 ribu, dan peringkat ketiga diraih oleh Mercy Chrisnatali dari SMK Pelayaran Palu dan membawa hadiah sebesar Rp1.250 ribu.

Sebelumnya, panitia tidak melombakan untuk siswa SMP dan Sekolah Dasar, namun karena melihat animo yang sangat tinggi dari anak-anak SMP dan SD yang datang ke lokasi lomba, akhirnya panitia memutuskan untuk melombakan pula pada kategori itu.

“Kami khawatir terhadap keamanan anak-anak SMP, karena lombanya di laut, tapi karena anak-anak itu mengaku pernah ikut lomba renang memeriahkan Tour de Central Celebes di Ampana, akhirnya dilombakan juga,” kata Ruslan Sangadji, ketua Panitia Lomba Renang SSC itu.

Dari hasil lomba siswa SMP, yang berhasil meraih juara 1 pada 200 meter adalah Ganesha dari SMP Negeri 1 Palu dan berhasil mendapatkan hadiah dari Sekretaris Provinsi Sulteng sebagai sebesar Rp1 juta

Kemudian juara kedua ditempati oleh Abdul Azis dari SMP Madani dan membawa pulang uang pembinaan sebesar Rp750 ribu serta tempat ketiga diraih oleh Fadlan dari SMP Negeri 1 dan mendapatkan bonus sebesar Rp500 ribu.

Sedangkan untuk tingkat SD, juara pertama diraih oleh Fauzan dan juara kedua ditempati oleh Ridho. Kakak beradik dari SDN 14 Bumi Sagu, Palu mendapatkan bonus dari sponsor sebesar Rp500 ribu dan Rp250 ribu.

Setelah dilombakan pada tingkatan sekolah masing-masing, panitia juga melombakan untuk kategori umum atau gabungan siswa SMA, SMP dan anggota SSC. Pada kategori ini, Adiyatma Yoga dari SMA Negeri 1 Palu meraih posisi pertama dan mendapatkan hadiah laptop, juara kedua diraih oleh Azis dari SMP Madani dan membawa pulang televisi, serta Fauzan dari SD Negeri 14 Bumi Sagu dan mendapatkan hadiah DVD.

“Hadiah itu berasal dari Pak Kapolda Brigadir Jenderal Rudy Sufahriadi,” kata Ruslan Sangadji.

Gubernur Longki Djanggola sangat mengapresiasi antusiasme siswa SMA, SMP dan SD yang ikut dalam lomba renang di laut tersebut.

“Animo anak-anak itu sangat tinggi. Artinya, ke depan kita perlu mendorong pembinaan yang lebih maksimal sehingga mereka bisa berprestasi di tingkat daerah dan nasional,” kata Gubernur.

Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia Provinsi Sulteng, Hidayat Lamakarate mengatakan, pihaknya akan membuat program pembinaan terhadap para atlet sejak usia dini, yang juga dipersiapkan menjadi atlet Sulawesi Tengah.

“Saya setuju dengan Pak Gubernur, memang pembinaan atlet harus dimulai dari usia dini,” ujarnya. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here