Kolonel Infanteri Agus Subiyanto bersama istri (baju putih) dan Brigadir Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa. (Foto: Penrem)

Lovely Nukila/DetikSulteng.com

Pelantikan Komandan Korem 132/Tadulako, Sulawesi Tengah, Kolonel Infanteri Agus Subiyanto telah berlangsung Senin (18/12) pagi di Kodam XIII Merdeka di Manado, Sulawesi Utara. Kolonel Agus dilantikan menggantikan Brigadir Jenderal TN Muhammad Saleh Mustafa, yang menempati jabatan baru sebagai Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat di Bandung.

Danrem  Kolonel Infanteri Agus Subiyanto, sebelumnya menjabat sebagai Komandan Resimen Induk II Sriwijaya, Muara Enim, Palembang, Sumatera Selatan.

Kepala Penerangan Korem 132/Tadulako, Mayor CHK Dedy Afrizal mengatakan, setelah pelantikan yang berlangsung di Manado itu, akan dilanjutkan dengan acara tradisi penerimaan Danrem baru dan pelepasan Danrem lama. Tradisi itu diadakan dengan adat Kaili — etnis asli Palu.

“Pak Danrem baru akan dipasangkan siga dan penyerahan guma — kopiah dan pedang khas Etnis Kaili,” kata Dedy Afizal.

Usai acara tradisi itu, malam harinya dilanjutkan dengan acara pisah sambut bersama Gubernur,  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah dan para prajurit di Hotel Mercure Palu.

Menurut Kapenrem Dedy Afrizal, banyak kesan dan pelajaran berharga yang ia dapatkan dari Brigadir Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa, khususnya pengetahuan tentang penerangan TNI. Ia juga menyatakan ada kebanggaan tersendiri semasa Korem dibawah komando Saleh Mustafa.

“Saya diserahi tugas dalam jabatan, yaitu Perwira Hukum Korem, Plh Pasi Pers dan Plh Kapenrem. Ini sebuah kehormatan buat saya,” kata Dedy Afrizal yang juga dimutasi menjadi Asisten Dosen di Sekolah Tinggi Hukum Militer di Mabes TNI AD.

Dedy Afrizal mengaku belum banyak mengenal Danrem baru, Kolonel Agus Subiyanto. Ia hanya mengatakan, Kolonel Agus Subiyanto adalah sosok yang sederhana, memiliki jiwa seni yang tinggi.

“Kalau Pak Saleh hobby menyanyi, Pak Agus hobbynya bermusik. Beliau pemain gitar,” kata Dedy Afrizal.

Selamat Jalan Brigadir Jenderal Muhammad Saleh Mustafa, Selamat Datang Kolonel Infanteri Agus Subiyanto. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here