Prof. Dr. Saggaf Pettalongi, M.Pd didampingi istri, saat dilantik sebagai Rektor IAIN Palu. (Foto: Humas Kemenag)

Lovely Nukila/DetikSulteng.com

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin melantik Prof. Dr. Saggaf S Pettalongi M.Pd sebagai Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, di Jakarta,  Jumat.

Menag Lukman Hakim Saifuddin secara resmi juga melantik 30 pejabat eselon I, II dan pimpinan perguruan tinggi keagamaan di lingkungan Kementerian Agama.

Prof. Dr. Saggaf Pettalongi, M.Pd diberikan amanah dan kepercayaan oleh Kementerian Agama lewat Menteri Lukman Hakim Saifuddin, untuk memimpin perguruan tinggi Islam negeri tersebut, menggantikan Prof. Dr. H Zainal Abidin MAg, yang sebelumnya telah menjabat sebagai Rektor IAIN Palu.

“Semoga ke depan IAIN Palu lebih maju lagi. Yang suda baik kita teruskan, yang kurang kita sempurnakan bersama-sama,” ungkap Prof Saggaf S Pettalongi, lewat whatsapp.

Prof Zainal Abidin telah berhasil membangun dan mengembangan perguruan tinggi Islam negeri tersebut di Sulawesi Tengah. Ia berhasil membawa STAIN Datokarama Palu beralih status menjadi IAIN Palu.

Pakar pemikiran Islam modern ini membuat IAIN Palu terkenal di dalam dan luar negeri serta diakui di Kawasan Timur Indonesia.

Sebelumnya Prof. Dr. Saggaf Pettalongi mendaftar sebagai salah satu kandidat rektor bersama petahana Prof. Dr. Zainal Abidin M.Ag, Dr. Lukman S Thahir, Dr. Nasaruddin dan Adam, beberapa bulan lalu.

Mereka mengikuti semua proses dan tahapan yang dipersyaratkan sesuaikan ketentuan perundang-undangan.

Setelah mengikuti semua proses, Kementerian Agama melantik Prof. Dr. Saggaf S Pettalongi sebagai rektor.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut digelar di Auditorium HM Rasjidi Gedung Kemenag di bilangan Jalan Thamrin Jakarta, sekitar pukul 09.30 WIB, Jumat  (22/12).

Turut menjadi saksi dalam pengambilan sumpah jabatan pejabat yang dilantik, Sekretaris Jenderal  Kementerian Agama, Nur Syam dan  Direktur Jenderal  Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here