Bandar Narkoba yang ditangkap petugas dari BNNP Sulawesi Tengah. (Foto: BNNP)

Akbar Fawa’id/DetikSulteng.com

Sejumlah kepala daerah di Sulawesi Tengah yang terindikasi sebagai pengguna narkoba, sedang dalam pantauan pihak  Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulawesi Tengah. Hal itu disampaikan Kepala BNNP setempat, Brigadir Jenderal Polisi Andjar Dewanto.  Andjar Dewanto menegaskan, BNNP Sulawesi Tengah tidak akan pandang bulu dalam memberantas peredaran narkoba, meski itu adalah orang penting bahkan kepala daerah sekalipun.

“Kita tidak ada kompromi. Siapapun dia yang terlibat dalam peredaran dan penyalahgunaan narkoba, akan kita tindak. Makanya kita mengimbau orang-orang yang terlibat peredaran gelap dan penyalagunaan narkoba ini agar segera  sadar,” kata Andjar kepada wartawan Jumat (22/12).

Andjar Dewanto menyebutkan, pihaknya sudah mendapatkan informasi ada kepala daerah di Sulawesi Tengah yang terindikasi sebagai pengguna narkoba. Bahkan, kepala daerah yang dimaksud pernah bermasalah di Makassar.

“Sekarang kita sedang memonitor yang bersangkutan,” tegasnya.

Meski sudah mengetahui siapa kepala daerah yang terlibat narkoba itu, Andjar belum bisa melakukan penangkapan, karena belum memiliki bukti-bukti yang kuat atas keterlibatannya.

“Makanya, kami mengimbau siapapun yang terlibat peredaran gelap dan penyalagunaan narkoba, apapun dia termasuk pejabat, ayo berhenti dan silakan  datang kepada kami. Kami akan bantu untuk rehabilitasi hingga sembuh. Jangan sampai kami tangkap,” tegasnya.

BNNP Sulawesi Tengah saat ini telah bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit dan klinik di Sulawesi Tengah sebagai tempat rehabilitasi.

Tercatat ada 16 rumah sakit dan satu klinik yang siap melayani pencandu narkoba untuk direhabilitasi. Dari jumlah itu, empat rumah sakit  dan satu klinik berada di Kota Palu, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Madani, RSUD Undata, RSU Anutapura, dan RS Bhayangkara serta Klinik Mosipakabelo BNNP Sulteng di Komplek Ex STQ Jabal Nur Palu.

Sementara untuk kabupaten-kabupaten berada di RSUD Kabelota Donggala, RSU Anutalako Parigi Moutong dan RSUD Raja Tombolotutu, RSUD Poso, RSU Ampana Tojo Unauna dan RSUD Wakai. RSUD Luwuk Banggai, RSUD Trikora Salakan Banggai Kepulauan, RSU Mokopido Tolitoli, RSUD Buol, RSUD Morowali dan RSUD Kolonodale Morowali Utara.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here